Selasa, 29 Maret 2011

Kinerja Komputasi Dengan Parallel Processing

Assalammualaikum wr. Wb. Pada artikel ini kelanjutan dari artikel yang kemarin,yang artikel kemarin saya menjelaskan tentang “apa itu komputasi , apa itu komputasi modern dan Sejarah komputasi modern”.Dan pada kali ini saya sedikit akan menjelaskan tentang kinerja komputasi itu dengan parallel processing.

Pengertian Parallel processing

Parallel processing (pemrosesan paralel) adalah penggunaan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan atau secara bersama-sama.Yang mempunyai tujuan untuk dapat mempercepat dalam hal mengatasi suatu permasalahan. Parallel processing berbeda dengan multitasking, yaitu satu CPU mengeksekusi beberapa program sekaligus. Parallel processing disebut juga parallel computing.

Aspek keamanan merupakan suatu aspek penting dalam sistem parallel prosessing komputasi ini, karena didalam sistem akan banyak berkaitan dengan akses data, hak pengguna, keamanan data, keamanan jaringan terhadap peyerangan sesorang atau bahkan virus sehingga akan menghambat kinerja dari system komputasi ini.

Setelah ditemukannya teknik parallel processing, komputasi pun berkembang ke sebuah proses komputasi baru yaitu proses komputasi parallel.

Pengertian Komputasi Parallel

Komputasi parallel adalah suatu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer secara bersamaan. Atau arti dalam kata lain adalah sebagai sebuah proses untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang memerlukan infrastuktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer dengan pemrosesan secara parallel dan dihubungkan melalui sebuah jaringan.

Dalam hal pemrosesan komputasi yaitu sesuai dengan tujuan parallel processing maka dapat dipastikan bahwa parallel processing merupakan salah satu upaya untuk mempercepat proses komputasi dalam memecahkan suatu permasalahan dengan cara membagai-bagi permasalahan menjadi bagian yang lebih kecil.. Tetapi apabila kita melakukan komputasi dengan pemrosesan yang bertipe parallel processing pastinya akan membutuhkan biaya yang cukup besar dalam hal konfigurasi perangkat keras komputer (hardware) maupun dalam hal pembelian hardware tersebut.

Contoh struktur pengiriman permintaan dan jawaban dari parallel processing

Berikut ini adalah gambar perbedaan antara komputasi tunggal dengan parallel komputasi :
a. Komputasi Tunggal/serial
b. Komputasi Parallel

sumber :

http://www.scribd.com/doc/40938360/Makalah-Arkom-Paralel-Processing

http://mmullyati.110mb.com/index.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar