Minggu, 31 Oktober 2010

EBC (E-Commerce and E-Business)

EBC (E-Commerce and E-Business)

E-Commerce merupakan penggunaan jaringan komputer untuk melakukan komunikasi bisnis dan traksaksi komersial, yang mana terjadinya transaksi antara pembeli dan penjual, barang, jasa dan informasi.Jadi E-Commerce ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk keperluan transaksi bisnis tersedia pada saat diperlukan. Dengan melakukan bisnis secara elektronik, perusahaan dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk keperluan pengiriman informasi. Proses transaksi yang berlangsung secara cepat juga mengakibatkan meningkatnya produktifitas perusahaan.

Walaupun media elektronik ini belum dimengerti oleh orang-orang,akan tetapi desakan bisnis yang menyebabkan para pelaku bisnis mau tidak mau harus menggunakan media elektronik ini. E-Commerce merupakan aplikasi dan penerapan dari (E-Business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

E-Commerce mempunyai beberapa keuntungan diantarnaya adalah mempercepat pelayanan kepelanggan dan pelayanan dengan cepat,kemudian mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas karena disini kita melakukan dengan online jadi tidak membutuhkan kertas,dan dapat mengurangi keterlambatan dalam transfer pembayaran dengan menggunakan media elektronik

Ya tidak semua yang kita bayangkan diatas akan mulus semestinya,terdapat juga kekurangan dan kelebihan pada E-Commerce.

Kelebihan:

  1. Memperpendek waktu produksi
  2. Meningkatkan customer loyality
  3. Meningkatkan supplier management
  4. Melebarkan jangkauan pemasaran

Kelemahan:

  1. Dapat langsung kehilangan uang akaibat dari seorang penipu mmenstransfer uang dari rekening satu ke rekening lainya.
  2. Dapat melakukan pencurian informasi
  3. Kehilangan bisnis apabila sewaktu-waktu padamnya listrik

Perbedaan E-Commerce dan E-Business

E-Commerce dan E-Business adalah dua hal yang sama sekali berbeda namun sayangnya kebanyakan dari kita selalu menukar penggunaannya.

Perbedaan antara keduanya adalah sebagai berikut:

  1. E-Commerce adalah bagian dari E-Business.
  2. E-Commerce merupakan kegiatan yang pada dasarnya melibatkan transaksi keuangan. Namun, E-Business ada banyak hal-hal lain selain menjual, meski pemasaran termasuk didalamnya, termasuk pengadaan bahan baku atau barang, pelanggan pendidikan, mencari supplier dan lain sebagainya.
  3. E-Commerce berjualan secara online, namun untuk membawa dan mempertahankan pelanggan dan mendidik secara online tentang produk atau layanan termasuk E-Business. Memiliki sebuah website untuk melakukan hal itu tidaklah cukup.
  4. E-Commerce juga telah ditetapkan sebagai proses yang meliputi menarik pelanggan, pemasok dan mitra eksternal, sementara E-Business meliputi internal seperti proses produksi, manajemen inventaris, pengembangan produk, manajemen risiko, keuangan dan lain sebagainya.

Jadi dapat kita simpulkan dari tulisan diatas adalah E-Commerce merupakan bagian dari E-Business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar