Rabu, 06 Oktober 2010

MENGENAL AKSES INTERNET BROADBAND

Seiring dengan kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat, Kian kemari akses internet kini semakin mudah dan murah , serta dapat dinikmati oleh siapa saja,bahkan sudah masuk kerumah – rumah bahkan sampai perkampungan dengan menggunakan modem, Hp atau telepon rumah. Akses internet saat ini telah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Beraneka macam kebutuhan orang dalam mengakses internet seperti browsing, download, membuka email, facebook, dll.

Pada blog ini saya akan menyajikan tentang teknologi pengaksesan internet dengan menggunakan jaringan broadband.

Keuntungan penggunaan akses internet broadband:

1. Dengan broadband kamu bisa menikmati akses internet yang cepat.

2. Dalam segi pembayaran bisa lebih relative murah dan bisa mendapatkan akses internet yang cukup cepat meskipun sering kali tidak stabil dalam segi pengaksesannya.

3. Broadband tidak menggunakan saluran telepon seperti akses dial-up.

4. Layanan broadband adalah tagihan sesuai dengan pemakaian atau rencana dan bukan faktor waktu.

5. Dengan broadband memberikan kemudahan kepada mereka yang ingin selalu berkomunikasi dengan keluarga,teman,atau siapa saja, serta bisa tetap menelpon sambil surfing di internet. Jadi, broadband tidak memonopoli saluran telepon. Broadband dan telepon bisa berjalan beriringan.


Layanan broadband ada jenisnya, jenis yang pertama disebut ADSL. Yaitu singkatan dari Asymmetric Digital Subscriber Line. Yang artinya, kamu bisa menggunakan saluran telepon yang ada dirumah untuk menggunakan broadband jenis ini.


Keuntungannya:
Saat ini sudah mulai banyak wilayah dan kota yang terjangkau oleh layanan broadband jenis ini. Selain itu, pihak provider biasanya akan menyediakan semua perangkat yang kamu perlukan. Jadi, kamu tinggal bayar, install, dan pakai saja.

Kekuranganya:

Belum semua kota dan wilayah terjangkau broadband jenis ini. Jadi, jika kamu tidak menemukanya di kota atau wilayah mu, berarti belum termasuk orang yang beruntung. Sekalipun diwilayah mu sudah ada, tapi bila lokasinya masih terlalu jauh dari providernya , mungkin kamu cuma bisa mendapat layanan yang sifatnya terbatas. Karena broadband jenis ini menggunakan saluran telepon rumah, artinya semakin banyak orang yang menggunakan broadband jenis ini disekitar rumah mu, akan semakin tidak baik pula dampaknya pada kecepatan akses internet mu. Apalagi, kalau waktu mengaksesnya bersamaan.

Jenis yang kedua yaitu TV Kabel. Broadband jenis ini menggunakan TV Kabel. Keuntungan broadband jenis ini sama seperti ADSL. Cuma katanya, broadband jenis ini relative lebih cepat. Sedang untuk kekuranganya, juga sama dengan ADSL.

Selain TV Kabel, jenis broadband yang terakhir adalah yang menggunakan Satelite. Broadband jenis ini mungkin yang paling mahal. Kecepatanya pun tidak sebaik ADSL dan TV Kabel.Apalagi pada saat cuaca buruk.

Broadband umumnya menyediakan tiga macam jenis paket berlangganan. Yaitu Unlimited alias tidak terbatas, Limited, dan Pay As You Go alias tergantung jumlah pemakaian.Karena saya disini menggunakan Modem USB CDMA dari Fren yaitu Mobi (Mobile Broadband Internet) yang menggunakan Modem Evdo. Pilihan paket Unlimited nya antara lain sebagai berikut :

  • Paket Unlimited 50.000

Biaya untuk akses paket unlimited ini adalah Rp. 50.000/bulan dengan speed hingga 153 kbps. Paket ini sangat cocok untuk anda yang menggunakan internet untuk keperluan Browsing, Cek E Mail, Chating atau Update Facebook

  • Paket Unlimited 100.000

Biaya untuk akses paket unlimited ini adalah Rp. 100.000/bulan dengan speed hingga 1,24 Mbps. Paket ini sangat cocok bagi anda yang menggunakan internet untuk keperluan download MP3 dan download software-software dengan ukuran tidak terlalu besar.

  • Paket Unlimited 150.000

Biaya untuk akses paket unlimited ini adalah Rp. 150.000/bulan dengan speed hingga 3,1 Mbps. Paket ini sangat cocok untuk anda yang sering melakukan Download MP3 Video, Upload Berbagai macam file, download software-software dan lain-lain.

  • Paket Unlimited 250.000

Biaya untuk akses paket unlimited ini adalah Rp. 250.000/bulan dengan speed tidak terbatas. Paket ini sangat cocok digunakan oleh anda yang ingin memiliki akses internet super kencang baik dalam melakukan download maupun upload.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar