Senin, 11 Oktober 2010

PERANCANGAN AGEN CERDAS PEMADAM KEBAKARAN

Resiko kebakaran selalu menghantui kala bangunan-bangunan didirikan. Tiap kali kebakaran terjadi, pemadam kebakaran harus bertaruh nyawa untuk menyelamatkan nyawa orang lain. Tak jarang nyawa mereka yang melayang.Tentu alangkah mudahnya jika yang menjadi pemadam kebakaran bukanlah manusia melainkan sebuah robot.Dan karena itulah saya ingin membuat rancangan agen yang bisa memadamkan api. Berikut ini adalah perancangan dari Agen Cerdas Pemadam Kebakaran.

Agent untuk otomasi robot pemadam kebakaran

Percepts : software(program), mikrocontroler, sensor ultrasonic bagian kanan, kiri,depan,belakang, detektor api, scanner api , selang air.

Action : mencari sumber titik api(kebakaran),mematikan sumber api(kebakaran), dan menghindari tabrakan dari dinding.

Goal : dapat mematikan sumber titik api(kebakaran). keamanan,kecepatan

Environment: Di tempat tempat yang terjadi kebakaran. bisa rumah, gedung dan tempat yang terjadi kebakaran.

Penjelasan:

Agen(robot) pemadam kebakaran ini dibawa oleh petugas pemadam kebakaran pada saat ada rumah,gedung yang terjadi kebakaran. Software atau program yang sudah dibuat atau dirancang yang digunakan untuk menjalankan robot tersebut. Robot tersebut dapat berputar kesegala arah sesuai dengan program yang sudah dibuat dalam microcontroller untuk menjalankan segala aktifitas robot.Dan untuk menghindari tabrakan dengan dinding yang menghalangi pergerakan robot, maka dari pada itu robot tersebut diberikan sensor ultrsonik bagian kanan, kiri, depan, belakang pada badan robot tersebut. Sementara itu, api dideteksi api dideteksi dengan dua sensor yaitu detector api dan sensor posisi api. Detektor api ini digunakan utnuk mendeteksi keberadaan api yaitu dengan cara pancaran sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh sumber api, sedangkan sensor posisi api ini digunakan untuk mengetahui posisi sumber api berada. Dan apabila robot sudah menemukan titik apinya, robot tersebut tingal menyemprotkan air dengan menggunakan selang air.

Actions yang dapat dilakukan hampir mirip dengan petugas pemadam kebakaran, yaitu mencari sumber titik api, mematikan sumber api. Mungkin karena ini robot maka robot ini dapat menghindari tabrakan dinding atau benda2 yang menghalangi robot tersebut. Robot tersebut akan berhenti jika sudah tidak ada lagi titik api lagi.

Beberapa hal yang dapat dijadikan tolak ukuran keberhasilan robot pemadam kebakaran tersebut (goal) adalah

  1. Dapat mematikan sumber titik api tanpa meniggalkan titik api yang masih menyala
  2. Dapat cepat mematikan sumber titik api,sehingga dapat meminimilisasi kerugian yang ditimbulkan dari kebakaran tersebut.
  3. Maksimum Keamanan.

Robot pemadam kebakaran dapat digunakan di lingkungan seperti apa, misalnya:

  1. Beroperasi pada temapat-tempat yang terjadi kebakaran seperti rumah,gedung dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar