Rabu, 13 Oktober 2010

Video Conference & Quality of Service

Saat ini perkembangan komunikasi di dunia maya sudah sangat pesat. Berbgai macam teknologi multimedia sangat bermanfaat bagi manusia untuk dapat berkomunikasi satu sama lain tanpa memperhitungkan jarak dan waktu. Sebagai contoh adalah video conference yang saat ini mulai banyak digunakan. Video conference atau Konferensi video merupakan layanan yang menyediakan fasilitas untuk mempertemukan dua pihak atau lebih dengan memanfaatkan jaringan internet. Biasanya video conference digunakan untuk rapat atau kuliah jarak jauh. Teknologi inti yang digunakan dalam konferensi video adalah sistem kompresi digital audio dan video stream secara nyata. Perangkat kerasatau perangkat lunak yang melakukan kompresi disebut dengan codec. Adapun Komponen-komponen yang dibutuhkan untuk sistem konferensi video meliputi:

  • Video input, berupa kamera video atau webcam
  • Video output, berupa monitor komputer, televisi atau proyektor
  • Audio input, berupa mikrofon
  • Audio output, berupa speaker atau pengeras suara
  • Data transfer, berupa jaringan telepon analog atau digital, LAN atau Internet

Ada dua jenis sistem konferensi video:

· Sistem terdedikasi

Pada sistem ini semua komponen yang dibutuhkan dikemas ke dalam sebuah konsol yang dilengkapi dengan kamera video pengendali jarak jauh kualitas tinggi. Kamera ini dapat dikontrol dari jarak jauh untuk memutar ke kiri dan kanan, atas dan bawah serta memperbesar, yang kemudian dikenal sebagai kamera PTZ. Mikrofon omnidirectional terhubung ke konsol seperti monitor televisi dengan pengeras suara dan/atau proyektor video. Ada beberapa jenis perangkat yang didedikasikan untuk konferensi video:

1. Konferensi video kelompok besar: non-portabel, besar, perangkat yang digunakan lebih mahal untuk ruangan besar dan auditorium.

2. Konferensi video kelompok kecil: non-portabel atau portabel, lebih kecil, perangkat lebih murah yang digunakan untuk ruang rapat kecil.

3. Konferensi video individual: biasanya perangkat portabel, dimaksudkan untuk satu pengguna, mempunyai kamera tetap, mikrofon, dan pengeras suara terintegrasi ke dalam konsol.

· Sistem dekstop

Pada sistem ini mekanismenya adalah dengan menambahkan papan perangkat keras ke komputer pribadi normal dan mentransformasikannya menjadi perangkat konferensi video. Berbagai kamera dan mikrofon berbeda dapat digunakan dengan papan, yang berisi codec yang diperlukan dan pengiriman tatap muka. Konferensi video dilakukan melalui komputer yang tersebar, yang juga dikenal sebagai e-meeting.

Kelebihan konferensi video antara lain:

  • Meningkatkan produktivitas karena kemampuannya untuk berbagi dokumen, ide atau gambar dengan mudah.
  • Menghemat biaya.
  • Menghemat waktu.

Kelemahan konferensi video antara lain:

  • Harga masih terbilang mahal untuk dimiliki sehingga hanya perusahaan atau organisasi tertentu yang mempunyai cukup dana dan sangat membutuhkan yang memiliki konferensi video.
  • Alat-alat untuk konferensi video sulit didapat dan proses penginstalan harus ekstra hati-hati agar tidak salah.

Dalam melakukan perencanaan sebelum menggelar fasilitas konferensi video melalui Internet, kita perlu memperhitungkan kebutuhan bandwidth untuk suksesnya sebuah konferensi video.

Secara umum ada dua kebutuhan bandwidth yang perlu di penuhi, yaitu:

· Kebutuhan bandwidth untuk mengirimkan sinyal gambar / video.

· Kebutuhan bandwidth untuk mengirimkan sinyal suara / audio.

Diantara kedua kebutuhan di atas, kebutuhan bandwidth pengiriman video menjadi sangat penting karena akan memakan sebagian besar bandwidth komunikasi yang ada. Jadi, tidak mengherankan jika teknik-teknik untuk melakukan kompresi data menjadi sangat strategis untuk memungkinkan penghematan bandwidth telekomunikasi. Sebuah kanal video yang baik tanpa di kompresi akan mengambil bandwidth sekitar 9Mbps. Sebuah kanal suara (audio) yang baik tanpa di kompresi akan mengambil bandwidth sekitar 64Kbps. Dengan teknik kompresi yang ada pada saat ini, kita dapat mengkompresi sebuah kanal video menjadi sekitar 30Kbps dan kanal suara menjadi 6Kbps. Tetapi tentunya untuk kebutuhkan konferensi yang terjadi dua arah dibutuhkan double bandwidth. Sehingga kita perlu menggunakan bandwith yang berada di sekitar 64Kbps.


Quality of Service (disingkat menjadi QoS) merupakan mekanisme jaringan yang memungkinkan aplikasi-aplikasi atau layanan dapat beroperasi sesuai dengan yang diharapkan. Kinerja jaringan komputer dapat bervariasi akibat beberapa masalah, seperti halnya masalah bandwitch, latency dan jitter, yang dapat membuat efek yang cukup besar bagi banyak aplikasi. Sebagai contoh, komunikasi suara (seperti Voip atau IP Telephony) serta video streaming dapat membuat pengguna frustrasi ketika paket data aplikasi tersebut dialirkan di atas jaringan dengan bandwidth yang tidak cukup, dengan latency yang tidak dapat diprediksi, atau jitter yang berlebih. Fitur Quality of Service (QoS) ini dapat menjadikan bandwidth, latency, dan jitter dapat diprediksi dan dicocokkan dengan kebutuhan aplikasi yang digunakan di dalam jaringan tersebut yang ada. QoS kadang-kadang digunakan sebagai ukuran kualitas, dengan definisi banyak alternatif, daripada mengacu pada kemampuan sumber daya cadangan. Kualitas layanan kadang-kadang mengacu pada tingkat kualitas pelayanan, yaitu jaminan kualitas layanan. QoS tinggi seringkali bingung dengan tingkat kinerja yang tinggi atau kualitas layanan dicapai, misalnya tinggi bit rate, rendah latency dan rendah probabilitas kesalahan bit.

An dan diperdebatkan definisi alternatif QoS, digunakan terutama di bidang jasa lapisan aplikasi seperti telephony dan video streaming, adalah syarat pada metrik yang mencerminkan atau memprediksi mengalami kualitas subyektif. Dalam konteks ini, QoS adalah efek kumulatif diterima pada kepuasan pelanggan dari semua ketidaksempurnaan yang mempengaruhi layanan.

Sumber : en.wikipedia.org/wiki/Quality_of_service,id.wikipedia.org/wiki/Konferensi_video

Nama Kelompok:

Devin Setiawan(50407256)

Hilman Aditya Rama(50407427)

1 komentar:

  1. izin share gan

    http://blog.unsri.ac.id/lianaeLina/tugas-makalah/tugas-2-herlina/mrdetail/50829

    BalasHapus